whippedgreengirl

Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Baking soda dan baking powder adalah dua bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Meskipun keduanya sering digunakan sebagai bahan pengembang, sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.

Baking soda, atau yang juga dikenal dengan soda kue, adalah senyawa kimia yang bernama natrium bikarbonat. Baking soda bersifat basa dan memerlukan asam untuk bereaksi. Ketika baking soda dicampur dengan asam seperti cuka atau yogurt, maka akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas karbon dioksida. Gas ini yang akan membuat adonan kue atau roti mengembang dan menjadi lebih ringan.

Sementara itu, baking powder adalah campuran antara baking soda dan asam tertentu yang sudah terkandung di dalamnya. Biasanya, baking powder terdiri dari natrium bikarbonat, asam tartarat, dan maizena atau tepung jagung. Karena baking powder sudah mengandung asam, maka baking powder dapat bereaksi sendiri ketika dicampur dengan cairan. Hal ini membuat baking powder lebih praktis digunakan karena tidak perlu ditambahkan asam terpisah.

Perbedaan utama antara baking soda dan baking powder adalah bahwa baking soda memerlukan asam tambahan untuk bereaksi, sedangkan baking powder sudah mengandung asam di dalamnya. Oleh karena itu, jika Anda mengganti baking soda dengan baking powder, Anda perlu mengurangi jumlah asam dalam resep untuk menghindari rasa yang terlalu asam.

Dalam penggunaan sehari-hari, baking soda lebih sering digunakan untuk membuat kue kering seperti cookies, sementara baking powder lebih sering digunakan untuk membuat kue yang mengandung banyak cairan seperti cake atau pancake.

Jadi, meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai bahan pengembang, namun baking soda dan baking powder memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal komposisi dan cara kerjanya. Oleh karena itu, penting untuk memahami perbedaan ini agar dapat menggunakan keduanya dengan benar dalam pembuatan kue dan roti.