whippedgreengirl

Bappeda: Perubahan perilaku pengaruhi percepatan penurunan stunting

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam perencanaan pembangunan daerah di Indonesia. Salah satu program yang sedang ditekankan oleh Bappeda adalah penurunan angka stunting di Indonesia.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak karena kekurangan gizi yang berkelanjutan. Menurut data Kementerian Kesehatan, angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi, yaitu mencapai 27,7% pada tahun 2020. Oleh karena itu, Bappeda berupaya untuk percepatan penurunan angka stunting melalui perubahan perilaku masyarakat.

Perubahan perilaku merupakan faktor penting dalam upaya penurunan angka stunting. Bappeda melakukan berbagai program edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang bagi pertumbuhan anak. Selain itu, Bappeda juga bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti Dinas Kesehatan dan Puskesmas, untuk memberikan layanan kesehatan dan gizi yang berkualitas kepada masyarakat.

Selain itu, Bappeda juga melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap program-program yang telah dilakukan untuk mengevaluasi efektivitasnya. Dengan adanya perubahan perilaku masyarakat yang diiringi dengan program-program yang tepat, diharapkan angka stunting di Indonesia dapat turun secara signifikan.

Dengan adanya peran Bappeda dalam percepatan penurunan angka stunting melalui perubahan perilaku masyarakat, diharapkan Indonesia dapat mencapai target penurunan stunting sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini akan berdampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masa depan.