whippedgreengirl

IDAI soroti pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan keprihatinan mereka terkait pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Meskipun sudah ada berbagai upaya untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan anak, namun masih terdapat kesenjangan yang cukup besar antara daerah perkotaan dan pedesaan.

Menurut IDAI, banyak anak di daerah pedesaan yang masih sulit untuk mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang berkualitas. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai, minimnya jumlah dokter anak yang bertugas di daerah tersebut, serta rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya perawatan kesehatan anak.

IDAI menyatakan bahwa pemerintah dan berbagai pihak terkait perlu bekerja sama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan anak di daerah pedesaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan jumlah dan kualitas fasilitas kesehatan di pedesaan, serta memberikan insentif kepada dokter anak untuk bekerja di daerah terpencil.

Selain itu, IDAI juga menekankan pentingnya edukasi kesehatan kepada masyarakat, terutama mengenai perawatan anak dan pencegahan penyakit. Dengan pengetahuan yang lebih baik, diharapkan masyarakat dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka.

IDAI juga mengajak seluruh pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, untuk berperan aktif dalam mendukung pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan semua anak di Indonesia dapat mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang berkualitas, tanpa terkecuali.