whippedgreengirl

Ketahui fakta soal amoeba pemakan otak bernama Naegleria Fowleri

Amoeba pemakan otak bernama Naegleria fowleri telah menjadi sorotan utama dalam beberapa tahun terakhir karena kematian yang disebabkannya. Amoeba ini diketahui menyerang otak manusia dan menyebabkan infeksi yang sangat serius yang bisa berakibat fatal.

Naegleria fowleri hidup di air tawar seperti danau, kolam renang, sungai, dan sumber air lainnya. Amoeba ini memasuki tubuh manusia melalui hidung saat seseorang berenang atau bermain di air yang terkontaminasi. Setelah itu, amoeba ini akan masuk ke otak dan menyebabkan infeksi yang disebut sebagai PAM (Primary Amoebic Meningoencephalitis).

Gejala infeksi Naegleria fowleri meliputi sakit kepala yang parah, demam, muntah, kejang, dan perubahan perilaku. Infeksi ini sering kali fatal dan tidak jarang menimbulkan kematian hanya dalam waktu beberapa hari setelah gejala muncul.

Untuk mencegah infeksi Naegleria fowleri, penting bagi kita untuk menghindari berenang atau bermain di air yang tidak bersih atau terkontaminasi. Selalu pastikan kolam renang atau sumber air lainnya yang kita gunakan telah dijaga kebersihannya. Selain itu, hindari juga menyiramkan air ke hidung saat mandi atau berenang.

Saat ini, belum ada pengobatan yang efektif untuk infeksi Naegleria fowleri. Oleh karena itu, pencegahan menjadi kunci utama dalam menghindari infeksi ini. Dengan mengetahui fakta-fakta tentang amoeba pemakan otak ini, kita dapat lebih waspada dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi diri dan keluarga dari bahaya infeksi serius ini.